Pengprov Perbakin DKI Jakarta Gelar Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi

Sebanyak 25 peserta yang berasal dari sipil, TNI dan Polri mengikuti Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi yang digelar Pengprov Perbakin DKI Jakarta pada tanggal 25 dan 26 Mei 2019 lalu. Pada kegiatan itu, para peserta diharuskan melewati serangkaian ujian dan tes ketrampilan menembak untuk bisa lulus ujian sertifikasi.

Range Master Toga Tampubolon selaku pemandu dan penguji ujian sertifikasi mengungkapkan, Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi ini merupakan agenda kegiatan dari bidang Tembak Reaksi Pengprov Perbakin DKI Jakarta. Tujuan digelarnya ujian sertifikasi adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan calon atlet tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi.

Range Master Toga Tampubolon

Toga memaparkan, kegiatan Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi dibagi menjadi 2 bagian. Pada hari pertama (25/05) dilakukan penataran atau pembekalan materi tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi yang dilanjutkan dengan ujian teori di Hotel Pitagiri, Jakarta Pusat. Kemudian pada hari kedua (26/05), peserta melakukan ujian ketrampilan menembak sebagai ujian terakhir di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat.

Toga menuturkan, peserta ujian sertifikasi dibatasi 25 orang saja dan seluruh peserta wajib mengikuti serangkaian ujian dan tes baik secara tulisan maupun praktek langsung di lapangan tembak. “Iya, seluruh peserta wajib mengikuti serangkaian ujian dan tes. Dan yang berhak mendapatkan sertifikasi ialah mereka yang dinyatakan lulus ujian,” tuturnya di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta (26/05/2019).

Toga menyampaikan, pembekalan materi secara teori dan praktek langsung di lapangan ini menjadi modal besar bagi para peserta, banyak ilmu dan pengetahuan besar teknik menembak yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Selain pengetahuan tentang teknik menembak yang baik dan benar, juga pengetahuan tentang pentingnya faktor keamanan cara menembak yang aman baik bagi dirinya maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, Toga mengatakan, dirinya berharap para calon atlet benar-benar memanfaatkan apa yang telah diterima dan dijadikan sebagai bekal untuk berlatih dan bersaing di berbagai kejuaraan Tembak Reaksi. Dengan begitu, menurutnya jalan meraih prestasi yang lebih baik semakin terbuka.

“Saya berharap penataran dan pelatihan yang telah diterima peserta dapat menjadi bekal dalam berlatih dan bersaing di berbagai kejuaraan Tembak reaksi nantinya. Sertifikasi ini tentunya sangat penting bagi para calon atlet untuk dapat mengikuti pertandingan, baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Toga juga mengingatkan, para peserta yang telah lulus ujian sertifikasi jangan cepat puas dengan hasil yang telah diraih. Karena menurutnya, dalam olahraga menembak yang terpenting adalah latihan yang berkesinambungan sehingga nantinya dapat meraih prestasi yang membanggakan.

Sertifikasi Ujian Tembak Reaksi ini mendapat respon positif dari para peserta. Menurut mereka, dengan mengikuti kegiatan ini para peserta banyak mendapat pengalaman baru dan pengetahuan tentang teknik menembak yang baik dan benar, sehingga dapat dijadikan bekal untuk mengikuti kejuaraan ataupun kompetisi resmi nantinya.

“Kegiatan ini tentunya bisa mendongkrak kesiapan dan kemampuan peserta untuk meraih prestasi, termasuk menyiapkan konsentrasi, keseriusan, kemandirian, keamanan dan kontinuitas untuk bersaing di kejuaraan menembak,” ujar salah satu peserta usai mengikuti ujian praktek.

Gelaran ujian sertifikasi ini selain dipandu langsung oleh Range master Toga Tampubolon, juga dipandu Range Master Suratman.


Lihat Foto Kegiatan Lainnya

[Humas Pengprov Perbakin DKI Jakarta]

 

Simak Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel anda tidak akan dipublikasikan